Pengertian, Dasar Hukum, Sebab, Serta Hikmah Sujud Syukur

Mr. R
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Sujud merupakan satu bentuk kepasrahan dan penghambaan diri kepada Allah Swt. Hanya kepada Allah sajalah manusia itu boleh bersujud. Adapun kepada sesama manusia kita diperintahkan untuk saling menghormati saja. Pada saat kita sujud maka dahi, telapak tangan, kaki, dan lutut semua menempel ke tanah (alas sujud). Inilah posisi paling ideal sebagai bentuk kepasrahan, ketundukan dan kepatuhan total kepada Allah Swt. Sujud sudah sangat lazim dilakukan di dalam salat. Segala macam jenis salat pasti ada sujudnya, kecuali salat jenazah. Di dalam salat fardu, setiap rakaat.

Pengertian Sujud Syukur

Sujud syukur adalah sujud yang dilakukan seseorang sebagai rasa syukur kepada Allah swt. atas kenikmatan dan rahmat yang telah diberikan-Nya.

Dasar Hukum Sujud Syukur

Sujud syukur hukumnya sunah. Perhatikan hadis berikut!

عَنْاَبِى بَكْرَةَاَنَّ النَّبِيَ صَلَى اْللّٰهُ عَلَيْه وَسَلَم  كَا نَ اِذَ اَتَ هُ امْرٌّ يَسُرُّ هٗ اَوْ بَشْرَ ى بِهِ خَرَّسَجِدًاشُكْرًالِّلّٰهِ (رواه ابوداوُدَ وَ التِّرْمِذِيُّ)

Artinya: "Dari Abu Bakrah, "Sesungguhnya apabila datang kepada Nabi saw. sesuatu yang menggembirakan atau kabar suka, beliau langsung sujud bersyukur kepada Allah." (H.R. Abu Daud dan Tirmidzi)

Sebab-Sebab Melakukan Sujud Syukur

Sujud syukur dilakukan seseorang ketika mendapatkan nikmat dari Allah swt. atau terhindar dari bahaya (kesusahan yang besar).

Tata Cara Sujud Syukur dilakukan dengan sebagai berikut.
Menghadap kiblat, Niat untuk sujud syukur, Sujud seperti sujud dalam salat dengan membaca doa :

سُبْحَانَ اللَّهِ والْحَمْدُ لِلَّهِ وَلاَ اِلٰهَ اِلاَّاللّٰهُ وَاللّٰهُ اَكْبَرُ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللّٰهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Artinya: "Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha besar, dan tiada kekuatan serta daya upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung" 
Duduk kembali, lalu salam.

Hikmah Sujud Syukur

Hikmah melakukan sujud syukur, sebagai berikut:
  • Orang yang mendapatkan nikmat dan kelebihan kalau tidak berhati-hati dapat lupa diri sehingga menjadi angkuh atau sombong. Orang yang melakukan sujud syukur akan terhindar dari sifat Sombong atau angkuh tersebut.
  • Memperoleh kepuasan batin berkaitan dengan anugerah yang diterima dari Allah Swt.
  • Merasa dekat dengan Allah sehingga memperoleh bimbingan dan hidayah-Nya. 
  • Memperoleh tambahan nikmat dari Allah SWT, dan selamat dari siksa-Nya.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.