MEMAHAMI INFAQ, SHODAQOH, WAKAF, HADIAH. DAN HIBAH

Mr. R
Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

 

infaq menurut bahasa berarti membelanjakan, mengeluarkan, dan mempergunakan/membelanjakan harta. Sedangkan menurut istilah yakni, infaq adalah mengeluarkan atau membelanjakan sebagian harta  yang di miliki, dengan maksud untuk mencapai ridho Allah SWT sesuai dengan kemampuannya.

Shodaqoh adalah memberikan sebagian harta atau benda yang dimiliki secara ikhlas (sukarela) dengan tujuan mengharap ridho Allah SWT. Shodaqoh Jariyah ialah shodaqoh yang pahalanya terus menerus mengalir meskipun ia telah meninggal dunia dan selama benda yang di shodaqoh kan tersebut tetap memberikan manfaat bagi kepentingan umum. Misalnya , shodaqoh untuk pembangunan masjid, madrasah, dan lain sebagainya. 

Wakaf menurut bahasa berarti menahan, menghentikan, atau mengekang. Sedangkan menurut istilah, wakaf adalah memberikan suatu benda yang kekal zatnya, dan dapat di manfaatkan untuk kepentingan masyarakat dalam rangka mengharap keridhoan Allah SWT,  Wakif adalah orang yang mewakafkan, Maukuf adalah barang atau harta yang di wakafkan, Maukuf 'Alaih adalah tujuan wakif/orang yang diserahi untuk mengurus harta wakaf.

Hadiah menurut bahasa berarti pemberian atau menghaturkan, sedangkan menurut istilah hadiah adalah memberikan sesuatu dengan tidak mengharap balasan apapun, dibawa dan diserahkan kepada si penerimanya, karena hendak menghormatinya atau menghargainya. 

Hibah dalam bahasa berarti kebaikan atau keutamaan yang di berikan oleh satu pihak kepada pihak lain, baik berupa harta maupun selain harta. Sedangkan menurut istilah, hibah adalah semacam akad atau perjanjian yang menyatakan pemindahan milik seseorang kepada orang lain, sewaktu masih hidup semata karena Allah dan tidak mengharapkan penggantian sedikitpun,

Wahib adalah pihak yang memberikan hibah, Mauhub adalah harta yang di hibahkan, Mauhublah adalah pihak yang di beri hibah.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.